morse

Cara mudah untuk mengahafalkan sandi morse yaitu dengan mengubah tanda sandi morse tersebut menjadi kata-kata yang tentunya mudah dihafalkan. Dalam contoh berikut kita akan mengubah tanda “ - ” (strip) pada sandi morse dengan lafal huruf vokal O. Sedangkan tanda “ . ” (titik) pada sandi morse diganti dengan lafal huruf vokal lain (selain huruf O).

Contoh:

Misalnya huruf “ A ” pada sandi morse dilambangkan dengan “ . - ” (titik - strip). Pilih kata yang suku katanya terdiri dari vokal O dan bukan O, misalnya pilih kata ANO. A memiliki vokal A (bukan O) jadi mewakili tanda “ . ” (titik) pada sandi morse sedangkan NO memiliki vokal O jadi mewakili tanda “ - " pada sandi morse.

Contoh lain misalnya huruf “ K ” pada sandi morse dilambangkan “ - . - ” (strip - titik - strip). Kita pilih kata yang terdiri dari vokal O – bukan O – vokal O, misalnya kita pilih kata KOMANDO. Suku kata KO dan MAN memiliki vokal O , A (bukan O)yang mewakili tanda “ - ” dan “ . ”. Sedangkan suku kata DO memiliki vokal O mewakili tanda “ - ” (strip). Di bawah ini contoh kata-kata yang melambangkan setiap huruf pada sandi morse, kalian dapat mengganti kata-kata sesuai keinginan kalian asal tetap mewakili huruf pada sandi morse sesuai aturan di atas.

A : ANO . -

B : BONAPARTE - . . .

C : COBA COBA - . - .

D : DOMINAN - . .

E : EGG .

F : FATHER JOHAN . . - .

G : GOLONGAN - - .

H : HIMALAYA . . . .

I : ISLAM . .

J : JAGO LORO . - - -

K : KOMANDO - . -

L : LEMONADE . - . .

M : MOTOR - -

N : NOTES - .

O : OTOMO - - -

P : PERTOLONGAN . - - .

Q : QOMOKARO - - . -

R : RASOHE . - .

S : SAHARA . . .

T : TONG -

U : UNESCO . . -

V : VERSIKARO . . . -

W : WINOTO . - -

X : XOXENDERO - . . -

Y : YOSIMOTO - . - -

Z : ZOROASTER - - . .

itu salah satu trik buat ngehafalin sandi morse , moga bisa bermanfaat buat temen - temen pramuka yang laen ... trimsss !!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Baden Powell of Gilwell

About this blog